WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Manfaat Daun Sirih Hijau

Di Indonesia ini banyak sekali tanaman yang mempunyai manfaat dan dapat dijadikan sebagai obat, salah satunya daun sirih. Kalian tahu daun sirih?  Daun sirih adalah sejenis tanaman yang tumbuhnya merambat pada batang pohon tanaman lain. DiIndonesia sendiri ada dua jenis daun sirih, yaitu daun sirih hijau dan daun sirih merah. Tapi yang kali ini kita bahas adalah manfaat daun sirih hijau. Mau tahu manfaatnya apa saja?

1.     Mengobati Batuk
Caranya adalah dengan cara dengan mngiris daun sirih dan merebusnya dengan daun bidara, menggunakan air kurang lebih dua gelas, direbus hingga mendidih ya? Setelah mendidih kemudian diberikan madu secukupnya, kemudian kumur-kumur usahakan sampai ke kerongkongan. Daun sirih yang digunakan hanya 4 lembar, dan daun bidara 3 lembar.
2.     Mengobati Gigi Berlubang
Biasanya anak kecil mengalami yang namanya gigi berlubang, mungkin karena terlalu sering makan permen. Tapi jangan khawatir hal ini dapat diobati dengan cara yang alami, yaitu menggunakan daun sirih. Caranya ambil satu lembar daun sirih, lalu rebus menggunakan air kurang lebih dua gelas sampai mendidih. Setelah itu gunakan untuk berkumur, dialukan secara berulang-ulang sampai sembuh.
3.     Mengobati Diare
Akibat makan makanan sembarangan adalah sakit perut atau biasa disebut diare. Penyakit ini mungkin sangat menyiksa karena kita ahrus pergi bulak-balik ke kamar mandi. Tapi untuk sekarang jangan khawatir ya? Karena ada obat alami yang dapat mengobati diare, yaitu menggunakan daun sirih. Hmmm… caranya  bagaimana? Caranya ialah dengan menyediakan 4-5 lembar daun sirih, 5 biji lada, satu sendokn minyak kelapa. Lalu semua bahan itu ditumbuk sampai halus, setelah itu gosokkan semua bahan itu diperut, tunggu sampai mongering.
4.     Mengobati Keputihan
Perempuan mungkin tidak akan jauh dari yang namanya keputihan, hal ini mungkin sangat menggangu sekali. Ada bahan alami yang dapat mengobati keputihan, selain alami obat ini murah. Obat itu adalah daun sirih. Bahan yang harus disediakan adalah 6-10 lembar daun sirih, air kurang lebih 2 liter. Rebus semua bahan tersebut sampai mendidih, kemudian gunakan air rebusan tersebut untuk membasuh kemaluan, tunggu sampai hangat ya airnya! Lakukan secara berulang-ulang.
5.     Mengobati Mimisan

Mimisan? Pendarahan yeng terjadi pada hidung. Ketika itu pasti darah yang keluar banya sekali, bahkan bisa mengotori baju anda jika tidak segera diobat. Ada cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan pendarahan tersebut. Yaitu dengan menggunakan daun sisirh, ambil satu lembar daun sirih kemudian tekan-tekan sampi layu. Lalu gulung dan cocokkan kedalam hidung.


Baca juga :

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post