WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » 8 Tips Pintar Menjaga Kesehatan Saat Musim Penghujan

Akhir tahun hingga menjelang tahun baru di Indonesia biasanya mulai terjadi perubahan musim. Dan seperti yang di rasakan halnya iklim di bulan baru menjelang tahun baru terasa dingin. Hujan tak pernah absen menemani rutinitas dalam bekerja. Pergantian dari musim kemarau hingga musim hujan membuat tubuh lebih rentan terhadap gangguan kesehatan. Di sebabkan tubuh dipaksa beradaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang berbeda dengan sebelumnya. Maka dari itu jaga tubuh dengan mengamati beberapa tips kesehatan di musim hujan.


1. Konsumsi Vitamin
Dalam perubahan musim melakukan proses beradaptasi dengan suhu. Dan proses inilah yang mempengaruhi sistem imun serta kekebalan tubuh. Maka dari itu asupan Vitamin sangat penting untuk tubuh. Utamakan konsumsi Vitamin C, karena kandungannya bisa membantu meningkatkan fungsi imun.

2. Selalu Higenis Setiap Hari
Saat musim hujan bakteri dan kuman berkembang biak lebih cepat, maka dari itu usahakan tangan selalu di cuci bersih menggunakkan sabun agar apa yang akan dimakan menggunakan tangan bebas dari kuman, dengan keadaan tangan yang bersih dan higenis.

3. Bersihkan Lingkungan
Seperti uraian sebelumnya, membersihkan lingkungan juga hal yang terpenting untuk menyempitkan lahan berkembangbiaknya kuman di lingkungan. Dengan cara membakar atau mengubur sampah, menutup penampungan air.

4. Penuhi Kebutuhan Cairan Tubuh
Pasukan air dalam tubuh mampu meningkatkan daya tahan tubuh, walau pun di musim hujan jarang terasa haus tapi air sama pentingnya saat musim hujan untuk pencernaan.

5. Asupan Makanan
Tidak hanya di musim kemarau, asupan makanan di musim hujan juga penting perannya untuk di jaga. Usahakan untuk musim hujan perbanyaklah makanan yang berkuah serta hangat.

6. Makan Saat lapar
Di musim hujan biasanya nafsu makan sering berlebih, tapi jangan sampai mengamininya karena jika tubuh terlalu sering diberikan asupan akan mengakibatkan obesitas, dimana tubuh menjadi lemas.

7. Perhatikan Pola Tidur
Bawaan saat musim dingin memang ngantuk, istirahatlah secukupnya jangan terlalu sering tidur karena nantinya akan membuat otot kaku. Perhatikan pola tidur yang secukupnya, hindari tidur yang terlalu malam. Karena dengan tidur yang cukup mampu membuat stamina tubuh pulih.

8. Kenakan Pakain Hangat Dan Tebal
Gunakkan pakaian yang tebal dan hangat saat di musim hujan karena untuk melindungi tubuh udara dingin saaat musim hujan.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post