WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Rambutan Asli Cianjur, Sindanglaka (Arialaka) Sulit Berkembang Karena Kurang Perhatian Pemkab

Rambutan Arialaka (asli Cianjur)
Pasundanradio.com - Rambutan Sindanglaka (Arialaka) merupakan jenis buah rambutan yang tidak  berbeda dengan rambutan pada umumnya, namun rambutan ini memiliki keistimewaan tersendiri. Meski tidak begitu banyak yang mengetahuinya namun apabila kita berkunjung ke kawasan Sindanglaka Cianjur, akan kita lihat sepanjang jalan dimana di setiap rumah terdapat pohon rambutan tersebut.

Namun sayang karena pembinaan dan juga penyuluhan yang tidak berkesinambungan dari dinas terkait dalam hal ini Dinas Pertanian dan Holtikultura Kabupaten Cianjur, membuat pohon rambutan ini sulit berkembang. "Pengembangbiakan varietas jenis rambutan ini sudah dilakukan sejak tahun 1972 tapi sulit berkembang karena selain pembinaan yang tidak ada, juga tidak ada yang melanjutkan." Demikian yang dikatakan oleh Eman Sulaeman, yang merupakan penangkar rambutan rambutan Sindanglaka, ketika ditemui di rumahnya, Kamis (13/11/14).

Di Indonesia terdapat berbagai macam jenis rambutan namun rambutan Sindanglaka adalah rambutan asli Cianjur. Buahnya hampir mirip dengan rambutan Rapiah dimana memiliki rasa yang sangat manis, dengan biji yang kecil dan gampang ngelupas. Ukurannya sedikit lebih besar dan agak lonjong. 

Untuk jenis buah dapat dijadikan khas daerah tertentu harus menjalani serangkaian proses diantaranya mengisi lembaran questiner, dilanjutkan dengan pengujian oleh peneliti independen antara lain rasa. Dan hasilnya rambutan Sindanglaka, lolos dan dinyatakan rambutan khas Cianjur, oleh kementrian pertanian. (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post