WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Disayangkan, Guide Jalan Sendiri-sendiri

Pasundanradio.com - Keberadaan Pramuwisata (guide) merupakan hal yang penting bagi setiap wisatawan asing, dimana mereka akan dibantu berkomunikasi dan juga tempat-tempat yang mereka anggap menarik. Tentu saja dari profesi tersebut akan mendapatkan imbalan terlebih dalam hal materi.

Cukup banyak wistawan asing yang berkunjung ke Cianjur khususnya ke Cipanas yang merupakan destinasi. Namun sayang keberadaan guide tersebut tidak begitu diketahui. "Sampai saat ini keberadaan mereka belum diberdayakan secara maksimal. Mereka lebih banyak hanya sekedar hobi". Demikian yang dikatakan Neneng Sumaryati, selaku Kasi Dinas Pariwisata Kabupaten Cianjur, Senin (27/10/14).

Amat disayangkan apabila wisatawan yang berkunjung ke Cianjur dan guide nya merasa cukup senang dengan menemani jalan. "Guide tuh sebuah profesi. Saya dulu juga guide dan lumayan loh hasilnya," tambahnya.

Sampai saat ini jumlah Guide yang ada berjumlah sekitar 40 orang. Dinas pariwisata kabupaten Cianjur telah menempatkan mereka di puncak pass namun mereka umumnya jalan secara sendiri-sendiri. "Sementara mereka belum memiliki kantor dan paling ditempatkan di Tourism Information Centre di Puncak Pass karena mungkin berat di operasional atau lembaganya belum kuat", ujarnya. (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post