WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Puskesmas Cugenang Lakukan Penjaringan Operasi Katarak

Pasundanradio.com - Mata merupakan jendela dunia. Untuk mengetahui seberapa baiknya penglihatan, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) di Cianjur secara bertahap melakukan pendataan dan penjaringan kepada masyarakat untuk mengetahui apakah ada yang terkena katarak.

Seperti halnya yang dilakukan oleh tenaga kesehatan dari Puskesmas Cugenang Kabupaten Cianjur. Mereka secara rutin mendatangi desa-desa sekitar, untuk mengetahui apakah ada penderita katarak di desa tersebut. "Program penjaringan seperti ini secara rutin kita lakukan dengan mendatangi desa-desa dan kita data untuk mengetahui apakah ada penderita katarak." Demikian yang dikatakan oleh Ruslan,  petugas puskesmas Cugenang, Senin (22/9/14).

Program penjaringan ini dilaksanakan secara bertahap dengan turun langsung ke desa-desa. Menurut rencana penjaringan tersebut akan dilaksanakan ke tiap desa antara lain desa Mangunkerta, Sarampad, Talaga, Benjot, Cibulakan, Cirumput, Padaluyu, Sukajaya dan Sukamulya. Adapun yang sudah dilaksankan penjaringan di bulan Agustus lalu antara lain desa Mangunkerta, Sarampad, dan Cirumput. Dan rencananya di bulan September ini antara lain desa Padaluyu, Sukamulya dan Talaga. 

Nantinya penderita katarak yang telah didata akan dilaksanakan operasi secara gratis. "Setelah didata nantinya akan dilakukan operasi secara gratis dengan melampirkan data atau hasil laboratorium antara lain terdiri cek urine, gula darah, dan tekanan darah," tambahnya.

Menurut rencana operasi katarak akan dilaksanakan dibulan Oktober yaitu di puskesmas Sukanagalih dengan kerjasama Rumah Sakit Cicendo Bandung. Sebelumnya pelaksanaan operasi serupa telah dilaksanakan bulan Agustus yaitu di puskesmas Ciranjang. (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post