WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Lebih Dari Setengahnya Anggota DPRD Cianjur Jaminkan SK ke Pihak Bank

Pasundanradio.com - Lebih dari setengahnya anggota DPRD kabupaten Cianjur mengajukan pinjaman ke pihak perbankan. Besarannya berkisar antar Rp100 juta-Rp250juta. Adapun pinjaman yang mereka ajukan yaitu dengan cara menjaminkan Surat Keputusan (SK).

"Memang ada yang menjaminkan SK keperbankan. Jumlahnya sekitar 60 persen dari seluruh anggota DPRD, SK itu hanya sekadar jaminan bukan digadaikan." Demikian yang dikatakan Ugan Sugandi, selaku Kepala Bagian Humas dan Keprotokolan Sekretariat DPRD Kabupaten Cianjur, seperti di kutip inilah.com.

Untuk besaran pinjaman pun disesuaikan dengan gaji yang diterima setiap anggota DPRD. Yakni, besar cicilan tak lebih dari 60 persen dari besaran gaji. Biasanya pihak perbankan memberikan jangka waktu maksimal pengembalian dengan cara cicilan selama 5 tahun. "Kalau di Cianjur itu masih sesuai takaran. Artinya plafond besaran peminjaman disesuaikan dengan gaji setiap peminjam," tambahnya.

Dirinya melihat bahwa fenomena penjaminan SK ke pihak perbankan sebagai sesuatu yang lumrah. Artinya, fenomena itu tak hanya terjadi di Cianjur, tapi di wilayah lainnya. "Tapi tidak semua penjaminan SK bakal disetujui bank. Karena bank ada aturan mainnya. Jika pinjaman itu untuk hal-hal yang konsumtif biasanya akan ditolak bank. Pinjaman biasanya untuk hal-hal yang produktif," jelasnya. (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post