WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Koin Logam Kuno Ditemukan Tim Peneliti Gunung Padang

Pasundanradio.com - Setelah proses Eskavasi terhadap situs Megalitikum Gunung Padang kembali dilanjutkan, Tim Nasional Peneliti Situs Megalitikum Gunung Padang berhasil menemukan koin logam berbahan perunggu. Koin yang berbentuk bulat tersebut berukuran diameter sekitar 1,7 sentimeter. Pertama ditemukan di zona Teras 5 di kedalaman tanah sekitar 11 meter saat dilakukan pengeboran. Menurut perkiraan, koin tersebut dipergunakan sebagai bentuk status sosial dan kepentingan ritual pada zamannya, dan diduga berusia sekitar 5.200 sebelum masehi.


Seperti yang dikutip dari inilah.com bahwa, sebelum ditemukannya koin logam tersebut, Timnas juga sempat menemukan sejumlah artefak, seperti mata tombak, trak logam, tongkat, gerabah, dan benda lainnya. "Belum bisa dipastikan sih usianya. Tapi kemungkinan lebih dari 5.200 sebelum masehi. Hal itu lantaran usia artefak sendiri diperkirakan berusia 5.200 sebelum masehi." Demikian yang dikemukakan oleh Ali Akbar, selaku Wakil Ketua Timnas Peneliti Situs Megalit Gunung Padang, Selasa (16/9/2014).



Ali menambahkan bahwa, memiliki banyak motif. "Koin logam tersebut berwarna hijau kecokelatan dengan banyak motif, seperti motif gawangan di samping lingkaran koin, lalu di dalamnya ada garis melingkar pada semua bagian koin," tambahnya.



Koin logam itu berhasil terangkat melalui saluran pembuangan limbah saat pengeboran. "Mata bor kan kecil, sekitar 5 sentimeter. Jadi di samping sisi kiri dan kanan bor itu ada saluran air agar memudahkan pengeboran, lalu dikeluarkan lagi melalui saluran sisi lainnya. Di saat saluran air itu berjalan, koin itu terangkat. Sehingga bentuk koin tersebut masih sangat utuh," kata Ali. (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post