WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Meski Teknologi Berkembang, Namun Keberadaan Perpustakaan Cianjur Masih Diminati

Pasundanradio.com - Perpustakaan merupakan gudang ilmu. Istilah tersebut ternyata sampai sekarang masih layak untuk di sandang. Selain sebagai sumber informasi, perpustakaan juga berfungsi sebagai pusat penelitian sederhana dan juga rekreasi gratis.

Fungsi perpustakaan bagi masyarakat adalah untuk memperdalam dan menelusuri berbagai ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan kebutuhan hidup, dan pada akhirnya akan memiliki inisiatif, daya kreatif, sikap kritis, rasional dan objektif.

Namun demikian tidak dipungkiri bahwa dalam perkembangan minat untuk berkunjung ke perstakaan tidak seperti dahulu. "Keberadaan perpustakaan saat ini cukup tergeser dengan adanya teknologi. Walaupun begitu minat masyarakat untuk datang ke perpustakaan masih tetap ada dimana mereka masih membutuhkan bacaan secara fisik." Demikian yang dikemukakan oleh Warty dan Riana, selaku pustakawan Perpustakaan daerah Kabupaten Cianjur, Senin (2/6/14).

Dengan jumlah anggota 9.388 orang, para pengunjung yang kebanyakan dari kalangan pelajar dan mahasiswa, mereka tidak hanya untuk membaca, tetapi juga mencari referensi. Jumlah perharinya fluktuatif. "Jumlah yang berkunjung ke sini fluktuatif yaitu sampai 30 orang dalam sehari namun dilihat dari pengunjung kebanyakan dari dari kalangan mahasiswa dan pelajar," tambahnya.

Untuk menjangkau masyarakat di wilayah lainnya dimana banyak warga yang membutuhkan materi bacaan, pihak perpustakaan memiliki armada bergerak, yang biasa disebut perpustakaan keliling. Layanan perpustakaan keliling menjangkau 12 kecamatan dan 72 pos layanan yaitu Karangtengah, Mande, Cilaku, Warungkondang, Cikalong, Sukaresmi, Bojongpicung, Pacet, Cugenang, Ciranjang, Gekbrong, dan Cibeber. Dengan adanya dua kendaraan perpustakaan keliling diharapkan dapat menjangkau wilayah Cianjur lainnya.

Selain menyediakan ribuan buku, perpustakaan daerah yang berada di Jl.Selamet Riyadi No.1, memiliki fasilitas wifi dimana para pengunjung selain bisa membaca juga bisa mencari referensi lain melalui internet. Dengan luas Bangunan: 175 m2, perpustakaan daerah masih membutuhkan berbagai macam buku. Banyak juga yang meminta untuk ditambah buku cerita sunda dan apabila ada yang mau menyumbang silahkan dan kami sangat senang," tuturnya. (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post