WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Terkuak Penggelembungan Suara, Beberapa Caleg Batal Lolos


Pasundanradio.com - Kecurangan yang dilakukan pada pileg 2014 lalu akhirnya terkuak. Ini terjadi di beberapa PPK seperti Cianjur kota, Leles, Cidaun, Cugenang dan Cipanas. Ini diketahui setelah Bawaslu Jawa Barat melakukan validasi.

Adapun caleg yang batal lolos antara lain yaitu Renzy Kansil dari demokrat, Kuswandi dari PDIP, Yoyoy dari Gerindra, dan Andi Taufik dari PPP. Perolehan suara mereka dikembalikan ke jumlah asal. Renzy yang suara sebelumnya 5.419 menjadi 1.969 suara. Kuswandi sebelumnya 3.620 suara menjadi 3.256 suara. Yoyoy semula berjumlah 1.389 suara. Dan Andi Taufik semula 3.690 suara menjadi 3.502 suara.

"Perubahan tersebut ditemukan setelah dilakukan validasi data yang di lakukan oleh saksikan oleh Bawaslu dan Panwaslu." Demikian yang dikemukakan oleh Ketua KPU kabupaten Cianjur, U. Awaludin, belum lama ini.

Meski demikian, Awal membantah perubahan jumlah suara tersebut merupakan hasil kecurangan penggelwmbungan suara. "Semuanya telah diperbaiki dan ditetapkan, perubahan tersebut terjadi karena adanya kesalahan di beberapa PPK," jelasnya.

Tidak demikian halnya dengan panwaslu kabupaten Cianjur. Pihaknya mengatakan bahwa penggelembungan suara bukanlah dugaan, namun sesuai fakta. "Penggelembungan suara bukan lagi dugaan, namun fakta yang terjadi," tutur Saepul Anwar. Pihaknya berjanji akan melaporkan hasil validasi tersebut ke Centra Gakumdu. (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post