WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Lomba Teknologi Tampilkan Berbagai Jenis Hasil Inovasi Teknologi Tepat Guna

Pasundanradio.com - Guna mengetahui berbagai jenis hasil inovasi teknologi tepat guna pedesaan dan produksinya secara visual, pemkab Cianjur mengadakan lomba / gelar teknologi tepat guna yang berlokasi di halaman parkir pemkab Cianjur, jalan Siliwangi. Kegiatan yang berlangsung selama dua hari yaitu 29-30 April ini merupakan salah satu upaya dalam menyebarluaskan informasi berbagai teknologi yang dapat memberikan nilai tambah kepada masyarakat.

Teknologi merupakan salah satu pendorong perubahan, baik perubahan dibidang ekonomi maupun sosial budaya masyarakat. Kualitas dan kuantitas yang dihasilkan sampai saat ini belum cukup mendongkrak kemampuan produksi masyarakat secara signifikan.

"Maksud dilaksanakan lomba / gelar teknologi tepat guna ini adalah sebagai salah satu upaya yang strategis dalam menyebarluaskan informasi berbagai teknologi yang dapat memberikan nilai tambah kepada masyarakat. Selain itu juga merupakan forum untuk menggali pemikiran dalam rangka penyusunan kebijakan, penerapan dan pengembangan teknologi tepat guna (TTG) dalam upaya pemberdayaan masyarakat." Demikian yang dikemukakan oleh Ir. Heni Iryani MAP, selaku Kepla Bidang Sumber Daya Alam dan Teknologi Tepat Guna, Selasa (29/4/2014).

"Tujuannya dari kegiatan ini yaitu untuk menampilkan berbagai jenis hasil inovasi teknologi tepat guna pedesaan dan produksinya secara visual, sehingga masyarakat memperoleh informasi yang cukup untuk menerapkan, menambahkan pengetahuan dan wawasan masyarakat tentang perkembangan dan kemajuan teknologi serta memanfaakannya dalam rangka peningkatan mutu dan kualitas produksi di berbagai sektor usaha," tambahnya.

Adapun yang dilombakan yaitu produk hasil olahan segar dan olahan jadi dari kelompok OPD terkait dan kelompok binaan swasta melalui CSR dalam upaya mensinergikan program pemberdayaan masyarakat oleh kelompok usaha.

Tema yang diangkat dalam kegiatan yang baru pertama kalinya diselenggarakan ini yaitu "Dengan Teknologi Tepat Guna Kita Wujudkan kemandirian masyarakat dalam memanfaatkan potensi sumber daya lokal" diharapkan masyarakat dapat memperoleh informasi yang cukup untuk diterapkan serta menambahkan pengetahuan dan wawasan masyarakat tentang perkembangan dan kemajuan teknologi serta memanfaakannya dalam rangka peningkatan mutu dan kualitas produksi di berbagai sektor usaha.

Pelaksanaan lomba/gelar tepat guna diikuti oleh kelompok masyarakat yang tergabung dalam pos pelayanan teknologi (Poyantek) yang berkedudukan di masing-masing kecamatan dan diikuti oleh 21 posyantek dari 21 kecamatan dan diharapkan event yang baru pertama kali digelar ini, tahun depan akan diikuti oleh seluruh kecamatan di Cianjur. (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post