WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Pemasangan Plat Nomor Perahu Di Danau Cirata, Upaya Untuk Mempermudah Pengawasan

Pasundanradio.com - Perahu ataupun kapal motor merupakan alat angkut/ transportasi air bagi masyarakat. Sebagaimana diketauhui bahwa di Cianjur pun terdapat objek wisata air dan salah satunya yaitu danau Cirata. Terdapat ratusan perahu yang setiap harinya lalulalang baik itu untuk mengangkut pakan ikan dimana dikawasan danau tersebut terdapat banyak jaring apung (japung) ataupun berperahu untuk berwisata.

Danau Cirata salah satu wilayah perairan dimana danau tersebut terdiri dari 3 wilayah yaitu Bandung barat, Cianjur dan Purwakarta, dirasa cukup luas dan juga dipandang perlu untuk melakukan pendataan terhadap kapal/perahu. Tahun 2013 lalu sebanyak 650 kapal/perahun telah terdata dan melakukan registrasi.

Adapun maksud registrasi kapal tersebut yaitu untuk mempermudah pengawasan peredaran kapal dan juga mendapatkan asuransi bagi semua penumpang yang berlayar di danau Cirata. "Tujuan dari registrasi ini yaitu, untuk memudahkan dalam pengawasan terhadap perahu tersebut." Demikian yang dikemukakan oleh Agus Mulyadi selaku Koordinator Sub Unit Lalu Lintas Angkutan Sungai Danau (LLASD) Cirata.

Sejak 2 tahun lalu kapalmotor/perahu yang berada disekitar danau Cirata telah dipasang selar (sejenis pelat nomor pada angkutan darat). Saat itu ratusan perahu yang terdata di Dinas Perhubungan telah dipasang plat nomor. Upaya tersebut terus dilakukan secara bertahap.

"Untuk tahun 2014 ini kami akan mencoba meregistrasi dengan cara jemput bola dengan target sebanyak 1000 kapal dapat terdaftar di dinas perhubungan," tutur Agus. Dan saat ini sebanyak 1000 plat nomor telah disediakan. (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post