WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Banjir Melanda Tiga Desa Di Cianjur Selatan



Pasundanradio.com - Curah hujan yang tinggi di sekitar pegunungan kecamatan Cidaun memicu terjadinya bencana. Hujan yang terus menerus mulai pukul 11.00 Wib s/d 18.00 wib mengakibatkan air masuk ke pemukiman penduduk DAS hingga mencapai 1-2 meter, dan mengakibatkan  meluapnya air disepanjang sungai . Yang berakibat  rumah-rumah penduduk yang berada dipinggir sungai Cidamar dan Kertajadi hancur terseret derasnya arus air yang mengalir, dengan cepat yang diperkirakan 80 km/jam.

Dari kejadian tersebut sebanyak tiga desa mengalami banjir bandang.  Tiga desa tersebut antara lain desa Cidamar, desa Kertajadi dan desa Sukamaju. Tiga desa tersebut berada di sekitaran Daerah Aliran Sugai (DAS) Cidaun Cianjur.

Kapolres Cianjur Akbp Dedi Kusuma Bakti, memimpin evakuasi tersebut dengan mengerahkan pasukan Dalmas polres Cianjur  dan rayonisasi serta polsek- polsek yang berdekatan dgn TKP, yaitu Kadupandak, Sukanagara, Pagelaran, Tanggeng, Cibinong, Agrabinta, Takokak, Sindang barang, Cidaun dan Naringgul. 

“Kejadian bencana alam tersebut mengakibatkan 12 rumah di kampung  Sukamaju Rt 04/05 desa Cidamar Kec Cidaun, hanyut terbawa arus air, enam rumah dalam keadaan tergantung, beberapa Ternak sapi milik koperasi Hanyut terbawa arus air, sawah  tergenang air sedalam 1-2 mtr. Selain itu juga  2 orang belum di ketemukan dan masi dalam pencarian, yaitu Kusnadi (L) , (50) ,alamat kp Batu Ireng. Desa Kertajadi , kec Cidaun, dan Karda (L), (65) ,alamat kp batu ireng desa kertajadi , kec. Cidaun”. Demikian informasi yang dihimpun dari humas polres Cianjur. 

Dibantu oleh masyarakat secara bersama-sama saling membantu  melakukan proses evakuasi dan menghimbau warga masyarakat yang bermukim pinggiran sungai agar meninggalkan rumah yang terjebak banjir,dan membatu ke tempat ketinggian. 


Salah satu korban bernama Acih, (55) thn, alamat kp.Kaum Rt 02/01 Desa Cidamar, saat ini dalam pengobatan  puskesmas Cidaun. Dan hingga saat ini listrik dalam keadaan padam.  (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post