WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » TB Paru Dan Ispa Dominasi Penyakit Di Puskesmas Cipendawa

Pasundanradio.com - Dengan keadaan cuaca yang akhir-akhir ini cenderung berubah ubah, banyak dari masyarakat yang mengalami gangguan kesehatan. Kondisi ini juga terlebih dipengaruhi faktor suhu, dimana dengan hujan yang sering turun dan hembusan angin yang cukup kencang banyak masyarakat yang berkunjung ke balai kesehatan.

Seperti halnya di puskesmas Cipendawa. Setiap harinya melayani masyarakat dengan penuh kesabaran. Di kawasan Pacet kebanyakan dari mereka mengalami TB paru dan juga gangguan saluran pernafasan (ISPA).

"Untuk di puskesmas Cipendawa kebanyakan dari masyarakat menderita saluran pernafasan (ispa) disusul mah, radang tenggorokan (varingitis), hipertensi dan diare". Demikian yang dikemukakan oleh Marwiyah selaku pemegang Program dan Pelaporan Penyakit di puskesmas Cipendawa, hari ini Rabu (20/11).

Ditambahkan bahwa terlebih dengan cuaca seperti sekarang kondisi kesehatan cenderung menurun dan kebanyakan penderita ISPA menyerang pada anak-anak. Selain itu juga karena pola makan yang kurang baik dan tidak teratur menjadi faktor penyebab.

Kebanyak dari mereka yang mengalami gangguan kesehatan ISPA persentasenya cukup banyak yaitu sekitar 60%. Dan pada lansia lebih banyak menderita hipertensi.

Berprilaku hidup sehat itu sangat penting makanya kami sering melakukan penyuluhan kepada masyarakat. "Karena anak-anak cenderung lebih rentan terhadap berbagai penyakit, maka kepada orang tua agar lebih memperhatikan pola makan dan kebersihannya dan membiasakan diri untuk berprilaku hidup bersih dan sehat", ujarnya. (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post