WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Penanaman Pohon Secara Berkelanjutan Untuk Mitigasi Perubahan Iklim



Pasundanradio.com - Siklus alam dan ekosistem sekitar hutan merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dalam kehidupan umat manusia, oleh karena itu keberadaan ekosistem hutan dan siklus air harus terus dijaga dan tidak boleh diganggu karena apabila di ganggu akan menimbulkan kerusakan dan bencana alam bagi umat manusia.  Saat ini Perambahan hutan dan ilegal logging terjadi hampir di setiap kawasan hutan yang ada di Negara Indonesia, tak terkecuali di Kabupaten Cianjur yang kaya akan Sumber Daya Alam.


Untuk menyikapi hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Cianjur melakukan kegiatan penanaman pohon di Bataliyon Raider 300 Cianjur/samping  Hutan Kota Cianjur, Kamis (21 /11). Kegiatan penanaman pohon ini juga terkait dengan Hari ulang tahun KORPRI ke 42. Acara dihadiri oeh Ketua DPRD, MUI Cianjur, DANYON 300 RAIDER, Kapolres, Kodim 0608, Dandim 0608, Para Staf Ahli Bupati, Para kepala OPD dan tamu lainnya.


“Peringatan hari menanam pohon tahun ini kita padukan dengan hari ulang tahun KORPRI ke 42 karena kedua peringatan tersebut memiliki agenda yang sama dengan program kehutanan. Peringatan ulang tahun KORPRI itu sendiri menekankan pentingnya meningkatkan kualitas manajemen pemerintahan melalui pemanpaatan kelembagaan ketatalaksanaan hingga peningkatan potensi SDM pegawai negeri sipil”. Demikian yang dikemukakan oleh Bupati Cianjur melalui Drs. H. Rachmat Khotimin ( Staf Ahli Bupati ).


Dalam acara tersebut juga pemberian piagam penghargaan kepada pejabat public, sekolah, penyuluh khutanan swadaya masyarakat (PKSM) dan organisasi kemasyarakatan, pada tahun 2012 penanaman yang dilakukan didalam maupun diluar kawasan hutan tercatat sebanyak 10.118.336 pohon.
 
Ketua penyelenggara Drs. Moch. Ginanjar, MAP, menyampaikan maksud dan tujuannya kegiatan tersebut yaitu sebagai  sarana edukasi, peningkatan kepedulian kemampuan dan kemandirian seluruh komponen masyarakat akan pentingnya menanam dan memelihara pohon. “Kami mengajak kepada seluruh komponen masyarakat untuk melakukan penanaman dan pemeliharaan pohon secara berkelanjutan untuk mitigasi perubahan iklim dan merehabilitasi hutan dan lahan”, ujarnya. (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post