WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Cianjur Dipercaya Sebagai Penyelenggara Festival Film Pendek Pelajar Jawa Barat 2013 "Ungkara Award"

Pasundanradio.com - Berawal dari antusiasme para pelajar di kabupaten Cianjur dengan didukung oleh Dewan Kesenian Cianjur (DKC), untuk memberikan pembinaan kepada mereka pengetahuan dalam bidang sinematografi film, DKC menyelenggarakan festival dengan awalnya Pare Award.

Kegitan ini tercium oleh pihak Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, dan pada tahun 2012, menyelenggarakan festival film pendek remaja se Jawa Barat. Selanjutnya pihak DKC di berikan kepercayaan sebagai penyelenggara Festival Film Remaja tingkat Jawa Barat yang bertajuk "Ungkara Award" I.

"Tahun 2013 ini juga pihak kami diberikan kepercayaan sekaligus mengukuhkan kabupaten Cianjur dijadikan sebagai kota penyelenggara Festival Film Remaja, menjadi kalender tahunan.
Kegiatan tersebut tidak terlepas dari sejarah, dimana pada masa lalu bupati Cianjur juga memiliki andil dalam memfasilitasinya". Demikian yang dikemukakan oleh Sutardy Mahesa, selaku ketua panitia "Ungkara Award 2013", Jum'at (29/11).

Ditambahkan juga bahwa, secara kualitas pembuatan film dari Cianjur menurun namun apabila dilihat dari antusias dari mereka jumlahnya meningkat.
Festival tersebut setiap tahunnya mengalami peningkatan dari segi jumlah. Awalnya berjumlah sekitar 13 dan dan setiap tahunnya mengalami peningkatan. Sekarang saja penyelenggaraan festival Award ke V.

Meski tidak setiap sekolah di Cianjur mengirimkan karyanya, namun karena dilihat dari sejarahnya, maka peserta berasal dari Cianjur lebih banyak. Saat ini telah masuk pada tahap penjurian. Tercatat sebanyak 27 judul film pendek dari Cianjur, Bandung, Ciamis, Karawang, Bogor, Tasikmalaya,dan Indramayu. Dari Cianjur sendiri selaku kota penyelenggara terdapat dari Cipanas, Ciranjang, dan Cianjur kota.

Di Jakarta sendiri telah ada kegiatan tersebut dengan para pesertanya pelajar dan dilaksanakan setiap tahun, nantinya diharapkan dari kegiatan tersebut muncul film-film yang dapat mewakili Cianjur untuk bersaing di Jakarta. (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post