WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Ada Keengganan Petani Untuk Tidak Menanam Padi Pandanwangi Karena Harga Jualnya

Pasundanradio.com - Kabupaten Cianjur merupakan salah satu kota di Jawa Barat dikenal dengan berbagai potensi. Salah satu yang dikenal yaitu penghasil beras Pandanwangi. Tidak heran beras yang 1 ini banyak diburu baik di lokal Cianjur sendiri maupun di tanah air.

Dengan harga yang lebih mahal, dirasa wajar karena kenikmatan saat di makan "pulen" beras pandanwangi, berbeda dengan beras lainnya. Selain itu juga tidak setiap wilayah dapat tumbuh baik dan juga dengan waktu tanam yang relatif lama.

"Namun saat ini ada ke engganan dari para petani dalam menanam padi pandanwangi. Keenggana mereka dikarenakan harga jual yang dinilai murah". Demikian yang dikemukakan oleh E. Laksana, selaku penyusunan program Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura (TPH). Konsumen biasa menginginkan harga yang murah namun ini tidak sebanding dengan jenis beras pandanwangi.

Sebagian besar penjualan beras Pandanwangi dijual ke kota besar seperti Jakarta, Bandung dan yang lainnya. Dilihat dari masa tanam, Pandandanwangi membutuhkan waktu tanam 155-165 hari dimana dalam 1 tahun hanya bisa ditanam 2 kali. Adapun daerah-daerah yang bisa ditanam padi Pandanwangi yaitu Warungkondang, Gekbrong, Cugenang, Cianjur, Cibeber, Cilaku, dan Campaka. (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post