WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Sapi Luar Negeri Mencapai Harga Rp70 Juta Per Ekor

Pasundanradio.com - Sejak sebulan lalu pedagang hewan qurban musiman seperti sapi dan domba telah ada dan dijajakan. Puluhan ekor sapi dan domba berbagai ukuran dan juga berat dipajang seperti di kawasan jl. Abdullah Bin Nuh Cianjur.

Baik sapi maupun domba yang dijual ditetapkan berdasarkan klasifikasi atau kelas-kelas baik itu dilihat dari besar dan juga penampilan hewan. Berdasarkan kelas D harga domba dikisaran Rp1.4 juta dan yang istimewa dijual dengan harga Rp3 juta. "Untuk harga sapi mulai dari harga Rp13 juta. Dikelas istimewa harga sapi mencapai harga Rp70 juta yaitu sapi limosin yang mencapai berat hampir 2 ton perekor". Demikian yang dikemukakan oleh Erik, salah seorang penjual hewan qurban yang tiap tahun mangkal di jl. K. H. Abdullah Bin Nuh.

Erik menuturkan bahwa, jumlah sapi yang ada di tempat tersebut hanya berjumlah 50 ekor sedangkan domba sebanyak 250 ekor.
"Sebetulnya jumlah hewan qurban yang tersedia lebih dari itu. Seperti sapi yang hanya ada dan didisplay, berasal dari Jawa saja. Namun ada juga sapi dari luar negeri namun tidak dibawa ke sini. Sapi-sapi tersebut di simpan di daerah seperti Bandung, dan sengaja tidak dibawa karena memerlukan perawatannya yang khusus.

Dirinya merasa optimis bahwa hewan-hewan qurban tersebut akan habis terjual. Penjualan hewan qurban akan meningkat jelang hari raya tiba. Meski harga jual hewan qurban ini mengalami kenaikan, namun diakui bahwa, penjualan hewan qurban baik sapi maupun domba tiap tahunnya meningkat. "Selain pembelinya berasal dari Cianjur, ada juga yang sengaja dari luar kota seperti Bekasi, Bogor dan Sukabumi", ujarnya (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post