WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Para Petani Minta Saluran Irigasi Di Normalisasi

Pasundanradio.com - Meski akhir-akhir ini turun hujan, namun di beberapa wilayah lainnya tidak terjadi. Sebagian dari para petani di Kecamatan Ciranjang mengharapkan adanya normalisasi saluran irigasi yang ada diwilayahnya agar dapat mengairi lahan pertanian yang dilanda kekeringan.
 
Seperti halnya Kosim (55) salah seorang petani menuturkan bahwa , dampak dari dangkalnya beberapa saluran irigasi di Ciranjang, menyebabkan tersumbatnya aliran air ke areal pesawahan.

"Banyak saluran irigasi yang harus dilakukan normalisasi, karena lahan pertanian jadi kekeringan saat kemarau". Demikian yang dikemukakakn oleh Kosim, hari ini Rabu (9/10).

Kosim menambahkan, beberapa saluran irigasi yang biasa untuk mengairi lahan pertanian mengalami penyumbatan akibat endapan tanah dan sampah. Akibatnya, air tidak mengalir normal bahkan beberapa lahan sawah mengalami kekeringan karena kurangnya pasokan air pada musim kemarau.

"Debit air masih cukup untuk mengairi sawah, tapi karena irigasinya tidak normal, air jadi terbuang tidak mengalir ke lahan pertanian," ujarnya. Jika tidak segera diulakukan upaya normalisasi maka petani tidak dapat melakukan aktivitas bertani dengan baik, karena  pasokan air yang sedikit.

"Saya berharap pemerintah melakukan pengerukan endapan tanah yang menumpuk sepanjang saluran irigasi dan memperbaiki irigasi yang rusak," ungkapnya. (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post