WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Ditemukan Cacing Pada Hewan Qurban


Pasundanradio.com - Dinas Peternakan Perikan dan Kelautan Kabupaten Cianjur, selama satu minggu telah melaksanakan monitoring hewan qurban dalam rangka menghadapi hari raya Iedul Qurban. Monitoring terhadap hewan qurban dilaksanakan pada tanggal 7 Oktober.

Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengetahui kondisi hewan-hewan tersebut, apakah memang layak untuk dipotong ataukah tidak. Selain itu juga kemungkinan untuk mengetahui apakah terkena suatu penyakit atau tidak.

Dari hasil monitoring tersebut ada dua hewan ternak yang ketika dipotong, didalamnya terdapat cacing . "Pada saat idul adha, kami piket selama tiga hari, selama tiga hari tasrek kami melakukan pemeriksaan yang disebut Posmordem, dimana pada saat pemotongan itu memang terdapat cacing di salah satu sapi". Demikian yang dikemukakan oleh Agung Plh. Kabid Kesehatan Hewan dan Kesehatan Masyarakat Veteriner (kesmavet) Dinas Peternakan Perikan dan Kelautan Kabupaten Cianjur.

Agung menilai bahwa dalam pemeliharaan sapi tersebut kemungkinan tidak diberikan obat cacing sehingga dalam jeroan hewan ditemukan cacing. Dalam pemeliharaan hewan sebaiknya menggunakan obat parasiter agar terhindar dari cacing yang tidak diketahui sebelumnya.

Meskipun tidak berbahaya, namun apabila dalam tubuh hewan terdapat cacing, sebaiknya tidak dikonsumsi dan. Ada baiknya hewan tersebut dikubur atau dibakar. 

Tempat penjualan hewan yang resmi di kab. Cianjur hanya satu yaitu berada hanya di jl. Siliwangi (Warungkiara Cikaret) yaitu pada hari Senin dan Kamis, namun lokasi lain yang berdasarkan jadwal lainnya yaitu pada hari Selasa berada di Cikalong, Rabu di Cibeber dan Ciranjang.

Pihaknya menghimbau kepada masyarakat yang akan ber qurban diharakan untuk berhati-hati dalam membeli hewan dan apabila perlu dapat berkomunikasi dengan pihak dinas terkait untuk mengetahui layak tidaknya hewan yang akan dipotong. (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post