WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Dari Setiap Lapas Yang Ada, Persamaannya Adalah Kelebihan Kapasitas

Pasundanradio.com - Angka merah di lembaga pemasyarakatan akan berpengaruh pada penilaian kanwil. Bila di Jawa Barat terdapat kantor imigrasi dan belum bisa mengaplikasikan program aksi kanwil akan berpengaruh pada penilaian Jawa Barat. Dan apabila penilaian Jawa Barat memiliki nilai merah maka akan berpengaruh pada penilaian kemenkumham.

Dari setiap lapas yang ada tentunya memiliki satu persamaan yaitu kelebihan kapasitas (over capasity). "Meski semua lapas sama namun tentunya memiliki ciri khas masing-masing, seperti halnya over kapasitas". Demikian yang dikemukakan oleh Plh Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham, Bambang Krisbanu, saat berkunjung ke lapas Cianjur beberapa hari lalu . Diakui bahwa semua lapas memang over kapasitas. Demikian juga di Cianjur.

Keberhasilan pembinaan narapidana ditopang oleh tiga pilar yaitu masyarakat, petugas dan penghuni.
Mengenai pembangunan masjid didalam lapas, dirinya menjawab bahwa ini merupakan partisipasi masyarakat Cianjur. Di Indonesia pembangunan masjid seperti di lapas Cianjur tidak banyak antara lain seperti di Denpasar, Grobogan dan beberapa tempat juga ada, namun saya melihat pembangunan di Cianjur ini memang luar biasa sangat besar dan saya melihat sangat representatif dan ini merupakan partisipasi masyarakat.

Terkait dengan minimnya jumlah petugas dan semakin bertambahnya penghuni, tahun ini akan ada penambahan berjumlah 1.080 orang seluruh Indonesia namun itupun diutamakan bagi lapas-lapas yang baru dibangun dan belum ada pegawainya. Sebanyak 18 rutan baru dan sama sekali belum ada pegawainya dan jumlah petugas ini merupakan masalah yang belum terselesaikan. Sampai saat ini kami memerlukan penambahan pegawai sebanyak 17.000 orang dan ini dirasa ideal. Dan sampai saat ini kami memiliki pegawai 30.000 se Indonesia. (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post