WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Keinginan Cianjur Jadi Penghasil Kedelai

Pasundanradio.com - Kabupaten Cianjur berpotensi untuk menjadi kota penghasil kedele. Potensi ini dilihat dari luas dan ketersediaan lahan yang cukup cocok ditanami kacang kedelai. Ini disampaikan oleh bupati Cianjur Tjetjep Muchtar Soleh.

Dengan ketersedian lahan yang cukup luas sekitar 15.000 hektar, pem kab Cianjur mencoba menggiring petani untuk menanam kedelai. "Kita memiliki lahan yang luas, malahan dulu mempersiapkan 15.000 hektar untuk pertanian kedelai". Demikian yang dikemukakan bupati Cianjur Tjetjep Muchtar Soleh.

Ditambahkan juga "paling tidak kebutuhan untuk masyarakat Cianjur tidak membeli dari luar (import), dan ini sedang diupayakan". Keinginan ini belum terlaksana karena memang berbagai pertimbangan. Dari pihak aparat sendiri sudah siap, namun dari petaninya belum semua siap.

"Dilihat dari harganya seandainya menanam kedelai itu akan lebih menguntungkan dibandingkan padi. Perlu kesabaran untuk merubah masyarakat dari biasanya menanam padi menjadi tanam kedelai" ujarnya.

Perlu adanya demplot khusus untuk merubah petani padi menjadi petani kedelai karena dengan adanya demplot tersebut para petani akan mencoba terlebih lagi dengan harga kedelai sekarang yang tinggi.

Kabupaten Cianjur hanya mampu memproduksi hanya 2000 ton pertahunnya. Untuk daerah-daerah yang potensial ditanami kedelai antara lain daerah Ciranjang, Bojongpicung, Sukaluyu dan daerah lain yang memiliki suhu cukup tinggi. (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post