WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Diharapkan Hasil Penelitian Situs Gunung Padang Diumumkan Secara Transparan




Pasundanradio.com - Situs Gunung Padang yang merupakan situs bersejarah jaman megalitikum di awal penelitian dinyatakan berusia 500 tahun sebelum masehi. Meski penelitian ini telah berlangsung beberapa bulan namun belum diketahui secara pasti tentang detil situs tersebut. Proses penelitiannya dengan melakukan eskavasi sangat penting untuk membuktikan situs Gunung Padang merupakan bangunan yang jauh lebih tua dan lebih besar daripada Candi Borobudur.
Sampai saat ini pemkab Cianjur belum mengetahui hasil dari Tim Terpadu Penelitian Mandiri (TTPM). Pihak pemkab berharap akan ada hasilnya dan diumumkan secara terbuka.


Terkait hal tersebut, Ketua komisi III DPRD kab.Cianjur, Rudi Syachdiar Hidajat, mengatakan bahwa sampai saat ini belum ada laporan secara resmi. “Jangankan kepada masyarakat ke dewan pun belum ada”. Rudi menambahkan bahwa harusnya ada laporan terkait dengan penelitian tersebut dan diumumkan secara transparan.  Ini berguna agar dapat dilakukan langkah selanjutnya terkait dengan pengembangan situs. “Sampai saat ini kita blank”, ujarnya.

Kapasitas Pemkab Cianjur sebatas memberikan ijin aktivitas penelitian karena lokasi wilayah situs Gunung Padang berada diwilayah Kabupaten Cianjur. 

Dengan adanya penelitian diharapkan nantinya dapat dipertanggungjawabkan baik kepada pemerintah dan juga masyarakat. “Apakah ini merupakan perwujudan dari masyarakat Sunda, apakah berbentuk kerajaan, atau bukan”, lanjutnya.
 
Meski pihaknya belum melakukan kunjungan secara resmi, namun mendukung dengan dilakukannya penelitian tersebut dan berharap proses penelitian tersebut akan ada hasil dan dijelasakan secara transparan. (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post