WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Kolang Kaling Makanan Tepat Bagi Yang Sedang Diet

Pasundanradio.com - Sudah menjadi tradisi tahunan bahwa di setiap bulan ramadhan penjual kolang-kaling "caruluk" cukup marak. Bisa dilihat disetiap deretan jualan di pasar selalu dijumpai kolang-kaling dalam nampan plastik besar. Seolah sudah menjadi "kewajiban" bulan ramadhan tidak "sah" kalo belum membeli buah berwarna putih dan kenyal.

Demikian halnya di kawasan
pasar induk Cianjur. Bagaikan jamur dimusim hujan, para penjual dadakan memanfaatkan momen ramadhan menjual kolangkaling. Seperti halnya Dindin Saepudin warga kampung Leles yang sudah berjualan kolang jalung sekitar sebelas tahun lalu. Setiap tahun dirinya memanfaatkan momen bulan puasa untuk berjualan kolangkaling. Dirinya menuturkan bahwa sehari-harinya berjualan buah-buahan seperti melon, pepaya,dan semangka, tetapi di bulan puasa, menambahkan jualannya dengan kolangkaling.

"Perkilonya di beli dengan harga Rp7.000 dan di jual dengan harga Rp13.000 itupun tèrgantung barangnya". Demikian yang dikatakan oleh Didin Saepudin. Kebanyakan para konsumen membeli sekitar 10 kilo kolangkaling untuk dibuat manisan. Memasuki minggu ke dua bulan ramadhan belum terlihat peningkatan pembelian. Namun biasanya pengunjung akan bertambah banyak ketika tanggal 15 puasa.

Untuk satu bulan sedikitnya 4 ton kolangkaling akan habis terjual dengan pendapatan bersih sekitar Rp8 juta.

Dilihat dari gizi, buah berwarna putih dan kenyal ini sebenarnya tidak memiliki nutrisi yang istimewa. Meski demikian buah kolang kaling bukan berarti tidak memiliki manfaat. Kolangkaling dapat memperlancar saluran pencernaan dan juga membantu memperlancar saat buang air besar. Selain itu kolangkaling dapat berfungsi untuk mempercepat perut kenyang oleh karena kandungan gelatin yang ada dalam kolangkaling cukup tinggi. Bagi orang yang sedang dalam program diet kolangkaling merupakan makanan yang tepat dan menyehatkan. (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post