WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Jumlah Kuota Jamaah Haji Tahun Ini Kemungkinan Berkurang Akibat Keterlambatan Rehabilitasi Masjidil Harram

Pasundanradio.com - Berkaitan dengan adanya pengurangan kuota jamaah sebesar 20 persen, yang berlaku untuk semua negara yang akan berangkat ke tanah suci Mekkah. Untuk Indonesia yang akan berangkat sebanyak 211.000 orang dan seandainya berkurang sebesar 20 persen akan berjumlah menjadi 168.800 orang. Secara proporsional akan berkurang baik ditingkat provinsi dan juga kabupaten kota. Seandainya di jawa barat berjumlah sekitar 37.000, akan menjadi 7.000 orang.

"Untuk Cianjur mendapat kuota sebanyak 1.433 jemaah, seandainya berkurang akan menjadi 1.147". Demikian yang dikemukakan oleh Hipni selaku kasi urusan haji dan umroh kementrian agama kabupaten Cianjur. Hipni menambahkan jumlah yang sudah melunasi ongkos naik haji sebanyak 1.354 dan yang belum melunasi sebanyak 79 orang.

Namun demikian menteri Agama akan melakukan diplomasi dengan pihak kerajaan Saudi Arabia, agar tidak terlalu banyak berkurang. Paling tidak bagi yang telah melunasi dapat lebih diprioritaskan untuk berangkat.
Secara Nasional dari jumlah 211.000 orang jemaah, yang reguler telah melunasi berjumlah 194.000 orang jamaah sekitar 180 jamaah. Kementrian Agama provinsi jawa barat pada Sabtu (15/6) akan melakukan pertemuan dengan penyelenggaraan haji dan umroh beserta kepala kementrian agama untuk menyampaikan kebijakan serta mensosialisasikan berkaitan dengan pengurangan kuota jemaah haji sebanyak 20 persen.

Kepada calon jemaah haji yang terkena dampak dari pengurangan kuota, kementrian haji menjamin kepastian keberangkatan pada tahun 2014. Dan bagi mereka tidak akan dikenakan biaya tambahan untuk BPIH apabila terjadi selisih kelebihannya akan dikembalikan namun apabila kurang, tidak akan dibebankan kepada calon jemaah.

Pengurangan kuota jemaah haji tahun ini sebanyak 20 persen, terkait dengan keterlambatan rehabilitasi Masjidil Harram, yang berakibat pada berkurangnya kapasitas daya tampung tempat tawaf yang semula dapat menampung jamaah sebanyak 48.000 dalam satu jam dan sekarang hanya dapat menampung sebanyak 22.000 jamaah. Seandainya dipaksakan ini dikhawatirkan akan mengganggu keamanan dan kenyamanan para jamaah. Oleh sebab itu pihak kerajaan Saudi Arabia mengambil kebijakan untuk mengurangi kuota. (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post