WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Wakil Mentri Kesehatan Masuk Pasar Cipanas

Pasundanradio.com - Pasar merupakan pusat kegiatan ekonomi dimana aktivitas perekonomian tersentral. Pasar ini akan lebih banyak dikunjungi dan juga di minati apabila terlihat bersih. Selain pasar tersebut bersih ini akan terlihat sehat apabila semua pedagang sadar dengan kebersihan.

Terkait dengan pasar sehat, Rabu (8/5) wakil mentri kesehatan Prof Gufron Mukti mengunjungi pasar Cipanas. Kunjungan ini merupakan implementasi Pasar Sehat Program yang merupakan program SAFE di pasar Cipanas dan dihadiri oleh, Direktur USAID , Health Office USAID, Ibu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jabar, Bupati Cianjur, Bapak Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Cianjur, serta OPD di wilayah Cipanas Pacet dan Cianjur.

Pasar sehat ini merupakan salah satu contoh yang bagus dimana pemerintah memiliki partner pembangunaan dan berkomitmen yang cukup kuat dan kerjasama lintas sector termasuk civil society sehingga dapat mendorong agar pasar tetap bersih. Demikian yang dikemukakan oleh wakil mentri kesehatan Prof Gufron Mukti saat berkunjung di pasar Cipanas.

Wakil mentri menambahkan pengelolaan pasar yang bersih tidak hanya menguntungkan bagi pedagang dan juga bagi konsumen dan masyarakaat secara luas.

Pasar Cipanas merupakan pasar percontohan dibangun sejak 1953 dan telah mengalami beberapa kali perubahan dan terakhir pada tahun 2010. Dengan memiliki 4 lantai, pasar Cipanas memiliki zoning komoditi yaitu zoning komuditi basah dan kering.

Adapun capaian program :
1. Pasar lebih Bersih, Nyaman dan Sehat
2. Zoning untuk pedagang daging ayam dan ayamhidup
3. Partisipasi warga pasar untuk menjaga kondisi pasar sehat
4. Tersedianya produk unggas sehat untuk konsumen
5. Pasar Cipanas menjadi percontohan Pasar Sehat
6. Kebersamaan antar lembaga pemerintah dan lembaga lain

Wakil Menteri Kesehatan, menanggapi positif tentang Pasar Cipanas, dirinya menyampaikan bahwa program yang ada di Pasar Cipanas patut menjadi contoh bagi pasar sehat lainnya di Indonesia. Menurut rencana, ditahun 2014 nanti akan diberlakukan hal yang sama kepada pasar Cibeber dan Warungkondang. (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post