WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Mutu Air Sungai Di Cianjur Tercemar



Pasundanradio.com - Dari hasil pemantauan tim pengawasan dan pengendalian pencemaran air dan udara, diwilayah Cianjur untuk udara masih dibawah baku mutu sedangkan terhadap air juga masih cukup baik karena dibeberapa industry (pabrik) sudah menggunakan instalasi pengolahan  air (ipal), karena ketika dikeluarkan ke sungai harus sesuai dengan baku mutu. Namun untuk rumah tangga sebaiknya membuat safetytank.

Dari hasil pemantauan tahun lalu, DOD (kebutuhan oksigen secara biologi) dan COD (kebutuhan oksigen secara kimia) nya yang tinggi. Demikian yang dikemukakan oleh Evi Hidayah selaku Kasubid Pengawasan Pengendalian Pencemaran Air dan Udara Kabupaten Cianjur.

Di Cianjur sendiri mengacu pada PP No 82 thn 2001 tentang pengelolaan kualitas air dan pengendalian pencemaran air, dimana didalamnya terdapat berbagai kelas sebagai perbandingannya. Meski telah tercemar namun masih bisa diperbaiki apalagi dari masyarakat telah memiliki kepedulian terhadap sampah ataupun pembuangan domestic.
 
Biasanya indikator tercemar apabila BOD dan COD nya melebihi baku mutu. Dari hasil pantauan pihaknya  mengakui bahwa telah terjadi pencemaran air meski masih ringan. Dari 30 titik sungai disebutkan sungai Cisarua dan sungai Cianjur. Meskipun sekarang ini mutu air sudah tercemar, namun diharapkan mutu air di Cianjur jangan sampai tercemar berat. (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post