WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Kampung Sukasirna Memasuki Tahap Tanggap Darurat

Pasundanradio.com - Seminggu pasca bencana alam, warga di RT 05/02 desa Cibanteng kec. Sukaresmi kab. Cianjur dalam kondisi tenang. Meski demikian pihak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kab. Cianjur masih khawatir dikarenakan didaerah tersebut masih terjadi turun hujan.

Berdasarkan berita acara dari tim BPBD kab. Cianjur dan juga dari Badan Geologi Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana jawa barat bahwa lahan tersebut tidak layak untuk dijadikan pemukiman.

"Dari tanggal 23-29 mei, kampung Sukasirna RT 05/02 desa Cibanteng kec. Sukaresmi kab. Cianjur memasuki tahap tanggap darurat". Demikian yang dikemukakan oleh Ahyad selaku kepala bidang kedaruratan dan logistik BPBD kab. Cianjur.

Sebanyak 17 kepala keluarga atau 77 jiwa telah pindah dan sisanya yaitu sebanyak 43 kepala keluarga atau 176 jiwa masih menempati lokasi. Masyarakat telah dihimbau untuk sesegera mungkin berpindah baik itu ke saudara atau keluarga sekitarnya.

Sebagaimana yang telah diinformasikan pada minggu lalu bahwa pada 13 mei 2013 telah terjadi bencana alam berupa amblasnya permukaan tanah dengan kedalaman 3 meter yang mengakibatkan belasan rumah rusak dan 1 masjid.

Warga yang terkena bencana ini nantinya akan direlokasi dan untuk itu pemerintah daerah kab. Cianjur memberikan dana stimulan. Dana tersebut bervariasi antara 5 juta sampai 10 juta yang bersumber dari APBD tahun anggaran 2013

Wilayah tersebut dilarang untuk dipergunakan sebagai pemukiman. Tercatan pergeseran tanah di daerah tersebut antara 5-20 cm perharinya. (FI)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post