WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Kuota Penerima Jamkesmas Di Kabupaten Cianjur Bertambah



Pasundanradio.com – Jaminan Kesehatan Mayarakat (Jamkesmas) meruppakan jaminan kesehatan untuk warga Indonesia dimana jamkesmas ini merupakan jaminan perlindungan sosial di bidang kesehatan untuk menjamin masyarakay miskin dan tidak mampu yang iurannya dibayar oleh pemerintah.

Menurut data dari kementrian kesehatan, penerima kartu jamkesmas di kabupaten Cianjur 2013 berjumlah 1.025.775. Ada peningkatan dari tahun sebelumnya yang berjumlah 693.654.

Adapun peningkatan jumlah penerima ini merupakan kebijakan dari pusat, sedangkan dinas kesehatan hanya pendistribusian ke masyarakat. Dilihat dari juknis penambahan jamkesmas ini karena adanya fasilitas dari pemerintah untuk seluruh masyarakat. Kalau dilihat dari kuota orang miskin 30% dari jumlah penduduk kota Cianjur yang berjumlah 818.836 berdasarkan tahun 2012 dan ini telah melebihi.

Demikian yang dikemukakan oleh Ira Sri Indriati selaku Kasi Bina Usila dan Jaminan Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Cianjur.

Jamkesmas sendiri sampai saat ini sedang dalam proses pendistribusian karena dari pusat pun kartu tersebut turunnya tidak secara sekaligus. Tahap pertama bulan desember, tahap ke dua bulan awal pebruari dan tahap ke tiga akhir pebruari. Sehingga untuk pendistribusiannnya masih dalam proses. 

Data yang ada di kementrian kesehatan berasal dari  Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K) berdassarkan pendataan PPLS 2011. Untuk pendataannya harus lintas sector yang lain seperti bapeda, kesra, dan juga BPS, sedangkan dinas kesehatan hanya melayani kesehatan.  

Pihak dinkes menilai bahwa dengan bertambahkan kuota jamkesmas, tidak perlu lagi jamkesda, karena koutanya telah tercover oleh jamkesmas dengan adanya penambahan sekitar 50% dari kuota sebelumnya.
 
Disinggung tentang jumlah tersebut telah tepat sasaran atau belum, pihaknya tidak bisa menjawabnya, karena bukan kewenangannya untuk mendata.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post