WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Balitbang Pertanian: Flu Itik Bukan Wabah

Pasundanradio.com (INILAH.COM) Jakarta - Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian menyatakan, virus yang menyerang itik bukan termasuk wabah nasional.

Demikian disampaikan Peneliti Balai Besar Penelitian Veteriner, Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian, Indi Damayanti di Jakarta, Rabu (2/12/2012). Tidak lebih dari 152 ribu itik dinyatakan mati karena terinfeksi virus avian influenza (AI) subtipe H5N1 kelompok gen/clade 2.3.2.

"Belum bisa dikatakan wabah, karena baru menyerang itik. Hanya variannya saja yang berbeda," kata Indi.

Meski belum dikatakan sebagai wabah secara nasional. Akan tetapi virus tersebut diperkirakan akan terus berkembang. "Pasti akan berkembang. Oleh karena itu kita melakukan beberapa pencegahan. Diantaranya dengan membatasi arus lalu lintas dari daerah terinfeksi virus tersebut," kata Indi.

Sementara, Menteri Pertanian, Suswono menjanjikan akan memberikan bantuan kepada para peternak itik jika memang itu sebagai wabah nasional. "Pasti kita akan berikan ganti rugi. Kalau itu memang musibah," kata Suswono.

Bahkan secara khusus Suswono meminta kepada perbankan nasional agar tetap memberikan kredit kepada pengusah ternak itik itu meski telah merugi. "Kalau bisa tetap diberikan, bahkan kalau bisa nilai besarannya ditambah," ujar Suswono.

Sebelumnya Virus H5N1 pada tahun 2003 menjadi musibah nasional. Dimana tidak hanya ayam saja yang menjadi korban. Akan tetapi ratusan manusia juga menjadi korban keganasan virus flu burung tersebut.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post