WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Akibat Gelombang Laut Tinggi, Nelayan Jayanti Enggan Melaut

Pasundanradio.com (inilah.com) - Ratusan nelayan di pantai Jayanti Cidaun dan Pantai Apra Kecamatan Sindangbarang Kabupaten Cianjur, sejak dua pekan terakhir berhenti melaut, Penyebabnya gelombang laut yang cukup tinggi

Salah satunya Diki Alisa (31),dirinya mengaku sudah dua pekan ini terpaksa berhenti melaut akibat cuaca buruk dan gelombang tinggi. Karena tak bisa melaut, dirinya memilih menangkapi udang di bibir pantai.

"Daripada tak mendapatkan penghasilan karena berhenti melaut, saya memilih menangkap udang di bibir pantai," kata Diki kepada wartawan, Jumat (25/1/2013).

Menurut Diki, tidak semua nelayan menangkap udang. Ada sebagian lagi yang memilih menjadi buruh serabutan, seperti bertani atau jadi kuli bangunan.

Diki menyebutkan, penghasilannya mencari udang dibandingkan dengan melaut bisa dua kali lipat. Biasanya, penghasilan menangkap ikan di laut hanya dapat Rp 50 ribu per hari. Namun dengan menangkapi udang bisa mendapatkan penghasilan Rp100 ribu.

"Memang penghasilan lebih besar, tapi risikonya juga cukup besar," ucapnya.

Meskipun penghasilan menangkap udang cukup besar, tapi menurut Diki, tidak bisa diandalkan seterusnya. Sebab, tangkapan udang sifatnya musiman. Diperkirakan udang hanya ada hingga dua pekan ke depan.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post