WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Meski Lebih Baik Dari Tahun Sebelumnya, Penyelenggaraan Haji Tahun Ini Masih Perlu Perbaikan


Hipni
Pasundanradio.com Para jamaah haji yang berasal dari Indonesia telah kembali khususnya dari Kabupaten Cianjur pada hari senin kemaren (05/11/12) meskipun ada salah seorang yang meninggal yaitu Ibu Dedoh (60) yang merupakan jemaah dari Bojongpicung dan telah dimakamkan di Mala Mekkah.

Dilihat dari sisi penyelenggaraaan haji untuk tahun ini dinilai lebih baik dari tahun sebelumnya. Begitu pula dilihat dari sisi keamanannya lebih tertib karena pihak penyelenggara melaksanakan prosedur tetap (protap) sebagai mana yang telah diinstruksikan. Demikian hyang dikemukakan oleh Hipni selaku Kepala Seksi Perjalanan Haji dan Umrah Kantor Kementrian Agama Kabupaten Cianjur.

Hal senada juga dikemukakan oleh Ketua Komisi VIII DPR Ida Fauziyah (kepada Pikiran rakyat 09/11/2012). Dirinya  menilai pelaksanaan ibadah jamaah haji Indonesia tahun ini relatif lebih baik walaupun masih banyak dijumpai persoalan yang harusnya bisa diantisipasi oleh pemerintah. Masalah penginapan yang kita jumpai sesungguhnya tidak sesuai dengan kontrak, adanya pemadatan jemaah, dan tidak memenuhi kriteria keamanan.

Meski demikian ada yang harus diperbaiki dari pelaksanaan ibadah haji adalah masalah pelayanan keamanan bagi jemaah, karena masih banyak sekali kriminalitas yang terjadi. Salah satu sebabnya, jelas Ida, adalah karena tidak adanya rasio kecukupan antara petugas keamanan dengan jumlah jemaah sehingga menyebabkan jemaah haji Indonesia banyak yang mengalami pencurian.
Terkait dengan masalah travel atau biro perjalanan haji yang nakal, Ida mengatakan, perlu adanya penertiban bagi travel atau biro haji khusus, karena banyak jumlah jamaah yang ditipu oleh biro perjalanan. Kementerian Agama dalam hal ini harus diteruskan kepada proses hukum, dan kemudian ada reward and punishment bagi mereka yang melakukannya.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post