WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Meski Banyak Media Online, Perpustakaan Masih Cukup Diminati

PasundanRadio.com  Perpustakaan adalah sumber informasi yang menyediakan segala keperluan bagi masyarakat. Selain sebagai gudangnya ilmu, perpustakaan juga berfungsi sebagai pusat penelitian sederhana dan juga rekreasi gratis. Fungsi perpustakaan bagi masyarakat adalah untuk memperdalam dan menelusuri berbagai ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan kebutuhan hidup, dan natinya akan berkembang dan pada akhirnya akan memiliki inisiatif, daya kreatif, sikap kritis, rasional dan objektif.

    Namun amat sangat disayangkan, dewasa ini jarang kita temukan pelajar yang gemar membaca. Kebanyakan dari mereka mengisi waktu yang luang lebih memilih untuk main game, pergi ke warnet, jalan-jalan bersama teman keluar rumah. Seperti anak-anak SD sekarang lebih menyukai bermain game online ketimbang memiliki hobi membaca. Contoh lainnya dapat di lihat dari mahasiswa sekarang ini. Minta membaca mahasiswa sekarang telah terasa minim, perkembangan teknologi yang semakin maju dengan adanya internet lebih menyebabkan mahasiswa lebih memilih mencari informasi di internet ketimbang di perpustakaan.

    Hal tersebut tidak demikian di perpustakaan Cianjur. Minat baca masyarakat di Cianjur sekarang ini cukup baik, terlihat dari kalangan pelajar maupun mahasiswa cukup banyak yang berkunjung ke perpustakaan Cianjur. Demikian yang dikemukakan oleh Bpk Edi selaku Kasi  di Perpustakaan Cianjur, saat ditemui di ruang kerjanya baru-baru ini. Ditanya apakah tidak berbanding terbalik, dimana dikalangan pelajar sekarang ini justru mereka lebih banyak mengetahui segala hal dengan cara melihat dan mendengar lewat media online, dirinya mengatakan, tidak seperti itu.

     Perpustakaan Cianjur yang berada di jalan Selamet Riyadi no 1 berdiri pada tahun 2002, dan merupakan kantor arsip dan perpustakaan daerah. Semula berlokasi di jalan Suroso dan sekarang menempati ruangan yang representatif. Selain itu juga memiliki perpustakaan keliling dimana dapat menjangkau wilayah Cianjur lainnya,  antara lain ada 12 kecamatan dan 72 pos layanan yaitu Karangtengah, Mande, Cilaku, Warungkondang, Cikalong, Sukaresmi,  Bojongpicung, Pacet, Cugenang, Ciranjang, Gekbrong, dan Cibeber. (ferrycia)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post