WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » Lomba Design Batik Tingkat Pelajar Se Kabupaten Cianjur



Batik Beasan
Pasundanradio.com Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia sejak lama. Namun saat ini batik tidak hanya populer di Indonesia saja, tetapi sudah dapat dijumpai di negara-negara lain di dunia. Sejak 2008, pemerintah telah melakukan penelitian lapangan dan melibatkan komunitas serta ahli batik di 19 provinsi di Indonesia untuk menominasikan batik sebagai warisan budaya. UNESCO menilai batik sebagai ikon budaya bangsa yang memiliki keunikan serta simbol dan filosofi yang mendalam mencakup siklus kehidupan manusia. dan menetapkannya pada tanggal 2 Oktober 2009.

   UNESCO berpendapat bahwa Batik Indonesia mempunyai teknik pembuatan dan filosofi rakyat Indonesia dari lahir sampai meninggal. Selain itu, pakaian batik dengan corak abstrak maupun simetris telah digunakan secara rutin dalam kegiatan bisnis dan akademis.

   Terkait hal tersebut LP3M berencana akan mengadakan suatu perlombaan bagi kalangan pelajar se Kabupaten Cianjur. Ini tentu harus menjadi keinginan bahwa mereka memiliki warisan budaya dan juga merupakan identitas. Diperlukan kontribusi dari pemerintah daerah dan semua elemen masyarakat supaya Warisan Budaya ini bisa tetap dilestarikan, dikembangkan dan menjadi aset budaya yang tak ternilai.

   Untuk design atau motif gambar bebas, tetapi pakemnya “Beasan”. “BEAS” yang dalam bahasa Indonesia dikenal dengan sebutan “BERAS”, dimana kota Cianjur terkenal dengan berasnya yang “pulen” sangat enak. Atas dasar tersebut, dianganggap hal terbaik untuk mempertahankan keberadaan akan ketenarannya. Dan untuk lomba design ini dapat dimasukkan unsur seperti kacapi suling, ngaos, mamaos, maenpo, ataupun situs gunung padang disertai dengan  butiran-butiran beras yang menandakan bahwa batik tersebut berasal dari Cianjur. Demikian yang dikemukakan oleh Hari dari Lembaga Penelitian Pengkajian dan Pengambangan ekonomi Masyarakat (LP3M).

    Lomba ini rencananya akan dilaksanakan pada bulan Desember 2012, dan terbuka bagi seluruh pelajar baik tingkat SD, SLTP, maupun SLTA se Kabupaten Cianjur. Dari hasil lomba ini nantinya akan dipakai sebagai batik di setiap sekolah pada tahun ajaran 2013, dan kepada pemenangnya tentu saja akan diberikan penghargaan baik itu bentuknya tabungan ataupun beasiswa.  (ferrycia)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post