WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » 2014 Bandung Harus Bebas Anak Jalanan

Bandung - Kementrian Sosial melaunching Program Kesejahteraan Sosial Anak (PKSA) menuju Bandung Bebas Anak Jalanan. Diharapkan dengan program tersebut tahun 2014 Bandung harus bebas anak jalanan.

Launching program tersebut merupakan salah satu rangkaian acar One Day For Children yang digelar di halaman Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Minggu (14/10/2012).

Melalui program ini, secara terpadu Kemensos dan kemetrian lainnya serta pemerintah daerah memperhatikan kebutuhan dasar anak-anak Indonesia. Dari sisi gizi/makan anak, pendidikan melalui BOS dan Bantuan siswa, Gakin/Jamkesmas melalui Kementrian Kesehatan dan Dinas Kesehatan, Akta kelahiran melalui Dinas Kependudukan dan catatan sipil.

Seain itu, pihaknya juga akan terus memperhatikan pemberdayaan keluarga yang tahun ini direncanakan untuk Kota Bandung dan sekitarnya kan diberikan bantuan Usaha Ekonomi Produktif (UEP) dan Kelompok Usaha Bersam (KUBE) untuk 500 kepala keluarga atau orang tua dari anak alanan.

"Mudah-mudahan akhir Desember ini 85 persen anak tidak kejalan lagi. Kemensos RI di tahap pertama telah berusaha membantu 1.500 anak yang terpaksa bekerja dijalanan melalui PKSA dengan didampingi oleh pekerja sosial," ujar Menteri Sosial RI Salim Segaf Al Jufri kepada wartawan di halaman Gedung Sate.

Ia berharap, semua kasus penelantaran, diskriminasi, kekerasan, eksploitasi dan pelanggaran hak anak lainnya yang akan terjadi di masyarakat secara cepat dapat ditangani sebaik-baiknya.

"Kepada lembaga-lebaga perindungan anak seperti KPI, Komnas Perlindungan Anak dan Satgas Perlindungan anak semoga selalu semangat untuk bersama-sama Kementrian Sosial RI memperjuangkan pemenuhan hak-hak dasar anak Indonesia," harapnya.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post