WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » MENJELANG RAMADHAN HARGA BERAS NAIK

(Pasundan Radio – Kabarcianjur.com) Meski beberapa minggu lagi menuju bulan Ramadhan, harga beras di sejumlah pasar tradisional di Cianjur, mulai merangkak naik. Kenaikan harga itu diperkirakan terus meningkat hingga Hari Raya Idul Fitri. 

Sekalipun musim panen segera tiba di wilayah Cianjur, namun situasi itu diperkirakan hanya mampu meredam kenaikan harga sebentar. Pasalnya, hama tanaman serta kekeringan telah menurunkan kualitas dan kuantitas hasil panen.

Sejumlah pedagang, mengatakan, harga beras segon naik dari Rp 7.200 naik menjadi Rp 7.500 per kilogram. Sedangkan beras beras jenis IR 64 dari Rp 7.500 menjadi Rp 7.800 perkilogram.
Sedangkan untuk beras ketan putih naik Rp 800 per kilogram dari Rp 8.200 menjadi Rp 9 ribu per kilogram. "Kenaikan harga beras sudah mulai dirasakan pekan lalu, meningkatnya sedikit demi sedikit. Diperkirakan kenaikan harga tersebut, akan terus terjadi hingga Lebaran mendatang," kata H Hadi (32) pedagang beras di Pasar Cipanas.
Dikatakannya, kenaikan harga beras di pasaran, karena menjelang bulan suci Ramadhan, dan memasuki musim kemarau.

Hj Euis, pemilik pengilingan padi di Kecamatan Karangtengah, Cianjur secara terpisah mengakui, kenaikan harga beras tersebut, terus merangkak naik, menjelang bulan puasa. Saat ini, pihaknya menjual Rp 6.900 per kilogram.
Ditambahkan juga musim kemarau, membuat petani tidak dapat menanami sawahnya dengan padi karena sulit mendapat air. Sehingga mereka mengganti dengan tanaman palawija.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post