WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » DISNAKERTRANS CIANJUR HANYA MEMILIKI TIGA PENGAWAS KETENAGAKERJAAN

(Pasundan Radio – kabarcianjur.com) Minimnya pengawas tenaga kerja di Kabupaten Cianjur disinyalir menjadi salah satu penyebab mudahnya para pengusaha melanggar ketentuan ketenagakerjaan. Sehingga fungsi pengawasan terhadap pengusaha yang seharusnya dilakukan secara maksimal tidak bisa dilakukan akibat terbatasnya jumlah pengawas.
 
"Saat ini kita kekurangan tenaga pengawas, sehingga pengawasan kurang berjalan maksimal. Saat ini pihaknya baru memiliki tiga pengawas ketenagakerjaan. Jumlah tersebut sangat tidak ideal jika dibandingkan dengan jumlah perusahaan yang mencapai ratusan. Idealnya pengawas ketenagakerjaan itu satu pengawas membawahi 10 perusahaan". Demikian yang dikemukakan oleh Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cianjur, H. Sumitra.
 
Meski hanya memiliki tiga pengawas ketenagakerjaan, pihaknya optimis setiap persoalan yang menyangkut tenagakerja bisa ditangani.
Kedepan pihaknya akan mengupayakan agar pengawas ketenagakerjaan ini bisa ditambah, mengingat jumlah perusahaan yang ada di Cianjur juga bertambah. Seorang pengawas harus tahu betul tentang aturan perundang-undangan tentang tenaga kerja, tidak bisa sembarangan pegawai bisa diusulkan.
 
Sementara itu, banyak perusahaan yang ada di Kabupaten Cianjur saat ini masih ada yang disinyalir membayarkan upah dibawah Upah Minimem Kabupaten (UMK) sebesar Rp 876.500,-. Dugaan tersebut diperkuat dengan hasil pengawasan yang dilakukan oleh para pengawas ketenagakerjaan.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post