WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » BADAN PELESTARIAN PENINGGALAN PURBAKALA SERANG LAKUKAN PEMETAAN ZONA SITUS GUNUNG PADANG

(Pasundan Radio – kabarcianjur.com) Badan Pelestarian Peninggalan Purbakala (BP3) Serang, menggelar kegiatan berupa pemetaan zonasi kawasan situs di Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur. Pemetaan tersebut dilakukan dengan fokus pada bagian zona inti.
 
Ketua Tim Pemugaran BP3 Serang Soni Prasetia mengungkapkan, apa yang dilakukan pihaknya merupakan bentuk tindak lanjut masukan dari penelitian. Saat ini tim fokus melakukan pengukuran ulang pada zona inti yang terlihat di areal situs megalitikum Gunung Padang.
 
Tim riset yang beranggotakan empat orang ahli dari BP3 dan dibantu empat orang warga yang kesehariannya menjadi juru pelihara situs ini, selain menentukan zona inti juga berupaya mencoba membuat skala bangunan yang ada di permukaan.
 
Dalam melakukan pemetaan zona tim terlihat menggunakan berbagai peralatan seperti theodolit dan berbagai tonggak pengukur tinggi mirip penggaris besar di teras-teras punden berundak situs Gunung Padang.
Sampai saat ini belum ada ukuran detail dari konstruksi yang nampak. Untuk itulah phaknya mencoba mengumpulkan data. Dari data inilah nantinya akan dibuat dalam sketsa dua dimensi. Tentunya akan berbeda dengan sketsa Gunung Padang yang saat ini beredar. Karena sketsa yang selama ini ada masih bersifat imajiner dan agak sulit ditentukan strukturnya.
 
Pengukuran yang dilakukan tim BP3 akan menghasilkan sketsa dengan perbandingan jelas. Kondisi itu dilakukan sebagai upaya merekonstruksi punden berundak secara total, dimana data dan skala harus mengacu pada Undang Undang Nomor 11/2010 mengenai Cagar Budaya,  yang terdiri empat zonasi, di antaranya yakni zona inti, zona penyangga, dan zona pengembang.
Kegiatan survei dan pengukuran yang dilakukan oleh tim di Gunung Padang nantinya akan menentukan luasan dari situs secara detail.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post