WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » SUNGAI DI CIANJUR TERCEMAR BAKTERI E COLI

(Pasundan Radio – kabarcianjur.com) Berdasarkan hasil pemeriksaan dan pengujian yang dilakukan Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kabupaten Cianjur, enam sungai yang merupakan aliran sungai Cikundul, kondisinya tercemar. Bahkan kandungan bakteri E-Coli melebihi ambang batas. Meski demikian, masih banyak warga dekat aliran sungai tersebut masih memanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari meski sudah tidak layak digunakan.
 
E. coli adalah jenis bakteri coliform tinja, biasanya ditemukan di usus hewan dan manusia. E. coli adalah singkatan dari Escherichia coli. Bakteri E-coli dalam air berasal dari pencemaran atau kontaminasi dari kotoran hewan dan manusia. Kotoran dapat berisi banyak jenis organisme penyebab penyakit.
 
"Dari kondisi sungai yang kami lakukan pemeriksaan tiap tahun di sepanjang aliran Sungai Cikundul yang juga melintasi enam aliran sungai di sekitarnya, diketahui kebutuhan COD (Chemical Oxygen Demand) dan BOD (Biochemical Oxygen Demand) juga telah melebihi baku mutu. Kondisi tersebut membuat air di sepanjang aliran Sungai Cikundul tidak layak," demikian yang dikemukakan oleh Kepala Sub Bidang Pengawasan Pencemaran Air dan Udara Kantor Lingkungan Hidup Cianjur, Evi Hidayah
 
Pencemaran sungai yang mengandung bakteri E-Coli yang sudah melebih ambang batas tersebut, kata Evi, tidak hanya akibat pencemaran pabrik pada wilayah sungai tertentu namun yang banyak berpengaruh adalah limbah rumah tangga.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post