WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » NAMA PONDOK PESANTREN DI GERBANG LAPAS CIANJUR DISOAL

(Pasundan Radio – kabarcianjur.com) Pemberian nama Pondok Pesantren Terpadu di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Cianjur disoal. Meski kegiatanya positif untuk membangun akhlaq para nara pidana, nama Pondok Pesantren dinilai kurang tepat untuk di Lapas.
 
Ketua Aliansi Umat Islam (AUI) Kabupaten Cianjur, Azis Muslim, mengatakan "Selama ini Pondok Pesantren sangat identik dengan kegiatan positif dan selalu dekat dengan masyarakat. Hemat kami untuk membina akhlak narapidana di Lapas tidak harus menggunakan istilah Pondok Pesantren yang saat ini diagungkan oleh umat islam,"
 

Pihaknya sangat mendukung terhadap kegiatan pesantren terpadu yang dilakukan Majlis Ulama Indonesia (MUI), Kejaksaan, Pemerintah Daerah yang berpusat di Lapas Cianjur. Pihaknya memiliki pandangan bahwa pelaksanaan kegiatan pesantren terpadu di Lapas sangatlah positif dan harus didukung oleh masyarakat Cianjur khususnya umat islam.
"Pesantren sangatlah identik dengan para santri atau tempatnya para santri mencari ilmu. Lapas sebagaimana kita ketahui bahwa didalamnya tempat berkumpulnya bermacam ragam latar belakang sosial dan kriminal dan tempatnya orang-orang terhukum.”
 

Atas pandangan tersebut AUI menyampaikan bahwa kegiatan pembinaan akhlaq dan moral khususnya melalui pesantren terpadu sangatlah penting. Bukan hanya untuk narapidana tapi untuk seluruh lapisan umat islam.
 
Secara terpisah salah satu Ketua MUI Kabupaten Cianjur, Tjepi Djauharudin mengatakan, penggunaan nama Pondok Pesantren Terpadu di Lapas Cianjur dinilai tidak menjadi masalah. Nama tersebut sudah mendapat persetujuan dari umat islam. Yang terpenting hasil dari  pesantren di Lapas itu telah banyak memberikan kontribusi bagi narapidana.
"Saya rasa tidak ada masalah, sejak adanya pesantren banyak narapidana yang tadinya belum bisa baca dan tulis alqur'an saat ini mereka sudah banyak yang bisa dan lancar. Berarti ini ada manfaatnya bagi mereka.”

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post