WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » AKIBAT KONDISI TANAHNYA LABIL, ESKAVASI DI LERENG TIMUR SITUS GUNUNG PADANG DI HENTIKAN TIM ARKEOLOG


(Pasundan Radio Cianjur – Kabarcianjur.com) Tim Arkeolog dibawah kendali Ali Akbar harus menghentikan sementara Eskavasi dilereng timur Situs Megalitikum Gunung Padang. Sebelumnya telah dilakukan penggalian di sisi bagian tenggara. Penghentian eskavasi tersebut terkendala akibat konstruksi tanah yang labil, dan struktur yang tertimbun sudah cukup rusak sehingga bisa membahayakan," demikian yang dikemukakan oleh Ali Akbar, selaku Ketua Tim Arkeolog.

Eskavasi yang dilakukan Tim Arkeolog dilereng timur Situs Megalitikum Gunung Padang dengan cara membuat lubang dengan diameter 2,5 x 2,5 meter dan hanya berhasil menggali sampai kedalaman 3 meter. 

Adanya bebatuan dan kondisi tanah yang terbilang labil membuat pekerjaan berjalan lambat. Kondisi tersebut membuat upaya pencarian rongga masuk yang diperkirakan terpendam di kedalaman 4-5 meter jadi tertunda.

Eskavasi ini dihentikan dan belum diketahui pasti kapan akan dilakukan  kembali. Tim merasa khawatir dan riskan apabila penggalian dipaksakan. Ada beberapa resiko yang harus dihadapi bila saat ini dilanjutkan, dan para ahli sedang mencari formula atau cara untuk melakukan eskavasi kembali.

Terkait untuk merekonstruksi Situs Megalitikum Gunung Padang para ahli mengatakan bahwa dibutuhkan waktu sekitar 20 tahunan. Waktu tersebut didasarkan pada pengalaman standar ketika candi  Borobudur di rekonstruksi. Proses terlama adalah membuat koding bantuan serta membuat catatan. (ferrycia@rocketmail.com – KC)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post