WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » 4 Orang Meninggal Dunia Akibat DBD dari 90 Orang yang Terjangkit.


PASUNDAN RADIO CIANJUR (KC) Sejak bulan Januari hingga Mei ini, 90 orang warga Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, terkena serangan demam berdarah dengue (DBD). Dari jumlah itu, empat di antaranya akhirnya meninggal dunia.
Seperti diberitakan Suara Karya Online, Mereka memperoleh pertolongan dirawat di Puskesmas (Pusat Kesehatan Masyarakat) dan RSUD (Rumah Sakit Umum Daerah) Kabupaten Cianjur. "Namun, empat orang nyawanya tidak tertolong," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Cianjur, dr H Gusti Otwin Aryono, ketika dikon-firmasi Suara Karya.
Dari hasil penelitian yang dilakukan jajarannya, Gusti Otwin mengutarakan bahwa serangan DBD itu terjadi karena kehadiran nyamuk pendatang yang datang dari luar daerah Cianjur. Kemudian menyerang warga Kabupaten Cianjur. Serangan DBD itu sangat cepat menular," ujar Otwin.
Sebagian besar warga masyarakat yang terkena DBD, yaitu warga masyarakat wilayah Kecamatan Cianjur Kota dan ada juga dari wilayah Kecamatan Karangtengah. "Wilayah Kecamatan Cianjur Kota merupakan yang paling rawan terkena DBD karena banyak warga pendatang," ujarnya.
Untuk penanganan serangan DBD agar tidak makin meluas, pihak Dinkes Kabupaten Cianjur, menurut Owin, melakukan gerakan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) dan melakukan pengasapan terhadap rumah korban DBD.
"Pengasapan dilakukan dengan radius seratus meter dari rumah korban DBD terhadap lingkungan warga, agar jentik-jentik nyamuk tidak hidup dan nyamuk dengue mati," katanya.
Otwin mengharapkan kepada masyarakat, jika ada warga yang memperlihatkan gejala terkena DBD seperti demam yang tinggi, disertai bintik-bintik merah, agar segera dibawa ke puskemas atau ke dokter untuk memperoleh pertolongan pertama. (Almunajat Libran /KC)

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post