WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» » RENCANA KENAIKAN BBM PICU HARGA

(93,1 Pasundan Radio-Cianjur)  Meskipun kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) dan kenaikan gaji PNS masih rencana. Namun, kenyataanya sudah mulai direspon pasar, dengan kemungkinan kenaikan harga yang tak bisa terbendung.
Kenaikan harga sendiri direncanakan pada 1 April mendatang. Kasi Bina Sistem Distribusi pada Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Cianjur, Yudi Adi Nugroho, yang menilai akan berpengaruh terhadap harga sembako atas kenaikan harga BBM dan kenaikan gaji PNS tersebut.
Atas rencana kenaikan itu, pihaknya pihaknya bakal melakukan pemantauan harga sembako di pasar-pasar tradisional. Selain itu, menekankan agar para pedagang tidak menerapkan harga terlampau tinggi, dan diatas ambang rasional. “Memang kami tidak bisa intervensi kearah itu, tapi kami lebih pengawasan dan mengontrol harga-harga tersebut,” terangnya.
Dari pengalaman sebelumnya, ketika kenikan BBM dan gaji PNS naik, maka otomatis harga-harga pun turut naik. Selain itu kost tranportasi kendaraan umumpun ikut naik. Maka institusi terkait harus antisipasi dan turun tangan untuk menjaga akibat dampak tersebut.
“Jangan sampai keterlaluan serta ada gejolak, sehingga masyarakat tetap aman dan mengerti apa tujuan pemerintah menaikan harga BBM dan kenaikan gaji PNS,” imbuhnya.
Menurut Yudi, beda lagi ketika terjadi kenaikan harga beras, karena faktor fsikologis pasar. Meski ketersediaan barang banyak sedangkan permintaan dan yang membutuhkan sedikit, malah hal ini bisa jatuh
misalnya seperti jenis cabe merah. Petani cabe mengalami panen dan banyak tapi tidak jelas pemasarannya, ini akan berdampak bahkan rugi.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post