WARTOS

INFO SELEB

MUSIK

TIPS

BUDAYA

PASUNDAN EVENT

» »Unlabelled » Hati-hati Saat Berkunjung di Situs Gunung Padang


Perilaku sebagian pengunjung Situs Gunung Padang di Cianjur yang kurang disiplin dan iseng, mengancam keutuhan situs peninggalan zaman megalitikum tersebut.
"Situs Gunung Padang menjadi obyek wisata yang menarik, bulan Januari 2012 saja sekitar 7.000 wisatawan ke sana. Namun perilaku sebagian pengunjung kurang disiplin dan tidak memperhatikan keutuhan situs itu
Situs Gunung Padang yang diperkirakan peninggalan megalitikum, 2500-4000 SM itu terletak di Kampung Panggulan, Desa Karyamukti, Kecamatan Campaka, Kabupaten Cianjur.
Ia mencontohkan, perilaku yang kurang mendukung pelestarian situs itu adalah kebiasaan berjalan di atas bebatuan yang merupakan bagian dari situs yang terhampar di areal seluas tiga hektare itu.
"Sangat dikhawatirkan sekali perilaku seperti itu. Saat musim hujan seperti saat ini lapisan tanah jadi lunak, bila diinjak-injak terus kemungkinan bebatuan itu akan amblas
Oleh karena itu, diharapkan para  pengunjung situs Gunung Padang untuk mengikuti petunjuk kunjungan dan tidak menginjak situs yang ada di sana. Menurut Pon perlu adanya perhatian khusus dalam pelestarian situs tersebut karena tidak semua pengunjung memahami pelestarian situs.
Situs itu tidak sekadar obyek wisata, namun merupakan situs tertua, bahkan mungkin lebih tua dibanding situs Machu Pichu di Peru.Menurut dia, situs Gunung Padang memiliki kaitan dengan situs-situs lainnya yang tersebar di Bogor dan Sukabumi.
Penelitian juga dilakukan melibatkan ahli dari berbagai disiplin ilmu, bahkan situs itu memiliki kaitan dengan berbagai ritual yang dapat dikaji dengan ilmu astronomi.
Untuk mencapai Situs Gunung Padang, bisa dilakukan melalui perjalanan darat dari Kota Bandung melalui jalur Padalarang - Warung Kondang Campaka Kabupaten Cianjur atau menggunakan KA Ciroyom Bandung - Cianjur. Dari Stasiun Cianjur melanjutkan perjalanan sekitar 26 kilometer menuju Gunung Padang.

«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post